Tutor Blogger 3


TUTOR 3
Saat ini saya akan bahas mengenai beberapa fitur yang ada dalam blogger.

Beberapa fitur dalam blogger :
Posting : menu untuk membuat postingan baru, mengedit posting dan edit laman, dll.

Comments/komentar: Untuk melihat komentar yang telah dipublikasikan dan komentar spam, serta kita bisa memoderasi komentar, dll.

Settings/setelan :
• Basic
Pengaturan umum meliputi alat blog yaitu kita dapat mengimport entri dan komentar dari blog blogger yang telah dieskpor sebelumnya, ekspor blog atau hapus secara permanen. Membiarkan mesin pencari menemukan blog, menampilkan editing cepat diblog, menampilkan link posting email kita, menambahkan Google Analystics ke blog, mengatur penampilan pesan peringatan dan meminta konfirmasi untuk melanjutkan jika blog kita memuat konten dewasa, mengaktifkan transliterasi. Sobat bisa liat SS nya dibawah.

Lihat Gambar

• Pengaturan penerbitan
Domain Ubahsuaian (Arahkan nama domain terdaftar milik Anda sendiri ke blog Anda), dan sobat juga bisa merubah nama blogg sobat seandainya nama blog sobat mau di rubah/diganti.
• Format
Dalam setingan format terdapat beberapa pilihan setingan, kita bisa menampilkan jumlah postingan yang akan ditampilkan di laman pertama blog kita. Format Header Tanggal menampilkan setingan tanggal pada postingan blog serta Format Tanggal Index Arsip Ini adalah tampilan link pengarsipan pada sidebar Anda. Seting Format Timestamp, Zona Waktu, Bahasa, Konversi ganti baris (Apabila dipilih 'Ya', hasil penekanan tombol ENTER di Editor Entri akan diganti dengan sebuah tag <br /> tunggal di dalam blog Anda, dan dua kali penekanan tombol ENTER akan diganti dengan dua tag (<br /> <br />), Tampilkan gambar dengan Lightbox (Saat diklik, gambar Anda akan terbuka dalam hamparan di bagian atas blog. Jika pos Anda memiliki beberapa gambar, gambar tersebut akan muncul sebagai thumbnail di sepanjang bagian bawah), Tampilkan Field Judul, Tampilkan kolom Link, Aktifkan perataan float, Templat Entri. Jika sobat melakukan perubahan setingan jangan lupa untuk menyimpan setelan.
• Komentar
Disini kita dapat mengatur komentar, mengatur siapa saja yang bisa berkomentar di blog kita, pengaturan penempatan formulir komentar, mengatur default komentar entri, mengatur taut balik, mengatur tautbalik bawaan untuk posting, mengatur timestamp komentar, mengatur pesan formulir komentar, moderasi komentar, mengatur penampilan verifikasi kata untuk komentar, mengatur penampilan gambar profil dalam komentar dan mengatur email pemberitahuan komentar.
• Arsip
Mengatur frekuensi arsip, mengaktifkan halaman posting, dll.
• Feed situs
Mengatur izin feed blog, mengatur postingan URL pengubahan arah feed, mengatur footer feed kosong, dll.
• Email dan mobile
Mengatur template untuk selular, pemberitahuan email serta opsi pengeposan, dll.
• OpenID
URL OpenID Anda dapat digunakan untuk masuk ke situs yang mengaktifkan verifikasi identitas dengan OpenID. Anda juga dapat mengizinkan pengguna OpenID untuk memberi komentar pada blog dengan menyesuaikan setelan Komentar kita. Pelajari OpenID lebih jauh
• Izin
Kita dapat menambahkan penulis blog hingga 100 penulis
Design / Rancangan
• Elemen lama
Disini sobat bisa menambahkan sebuah widget (seperti : jam, page rank, dll) atau mengatur tata letak laman maupun widget.
• Edit HTML
Sobat dapat merubah, mengedit, mengganti template blog sobat ataupun menambahkan script. Untuk pengeditan template seandainya sobat belum begitu mahir dalam pengkodean script (seperti saya) alangkah lebih baik tidak merubah. Seandainya sobat menginginkan ujicoba terhadap template tersebut backup terlebih dahulu template aslinya agar suatu saat mengalami gangguan kita sudah memiliki backupnya dan tinggal mengunduh ulang.
• Perancang Template
Laman ini kita bisa merancang blog kita secara langsung dan lebih mudah, seperti merubah latar belakang, sesuaikan lebar, tata letak dan tingkat lanjut.
Monetize/Uangkan :
• Persiapkan Adsense
Cara gratis dan mudah bagi pengguna Blogger untuk mendapatkan uang dengan menampilkan iklan Google bertarget di blog mereka. Jika sobat berencana untuk mendaftarkan blog sobat di laman ini langsung tersedia tombol untuk mendaftar google adsense.
• AdSense untuk Umpan
Konfigurasikan bagaimana iklan mulai ditampilkan pada umpan Anda.

Stats/Statistik :
Kita dapat mengetahui statistik pengunjung yang datang ke blog kita, dapat diketahui berdasarkan negara mana, browser yang digunakan mereka untuk mengakses blog kita operating system yang mereka gunakan.

Mungkin itu beberapa fitur yang tersedia dalam blogger, Semoga bisa bermanfaat.

“Hopefully useful”
Wenks@Creativoltz
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tutorial dengan judul Tutor Blogger 3. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://creativoltz.blogspot.com/2012/04/tutor-blogger-3.html. Terima kasih!