Cara Membuat Stempel Sederhana

Cara membuat stempel sederhana

Hallo sobat semua, saat ini saya akan mencoba share mengenai cara membuat sebuah design stempel yang sederhana menggunakan aplikasi CorelDraw dan mudah-mudahan tutor ini bisa bermanfaat.

Langsung aja kita mulai, berikut ini langkah-langkah pembuatan design sebuah stempel

  1. Buatlah tiga buah lingkaran, kemudian atur posisi sehingga seperti gambar dibawah

  2. Biar posisi semua lingkaran tepat pada posisi di tengah (center) agar simetris, klik ke tiga lingkaran tersebut sambil menekan tombol shift agar kita bisa mengklik ke tiganya karena jika kita klik satu persatu tanpa menekan tombol shift maka ketiga gambar tersebut tidak akan ke blok semua, kita juga bisa langsung blok ketiga lingkaran tadi menggunakan mouse.  Setelah ketiganya aktif/ke blok menjadi satu, kemudian kita pilih menu arrange tepat berada di menu atas CorelDraw, lalu klik align and distribute dan pilih align and distribute.

    Jika sudah maka akan muncul menu Align and Distribute seperti dibawah ini, kemudian centang semua checkbox center lalu klik apply dan close, hasilnya sobat bisa liat pada gambar pertama diatas.

  3. Langkah kedua tambah kan sebuah objek kotak tepat di tengah-tengah lingkaran tadi, kemudian atur posisinya tepat berada di tengah.
  4. Lakukan seperti langkah tadi menggunakan Align and Distribute agar posisi kotak tersebut berada tepat di tengah, tapi kita tidak perlu klik semua objek cukup klik objek kotak terlebih dahulu kemudian klik salah satu objek lingkaran yang posisinya berada di tengah (jangan lupa sambil tekan tombol shift). Hasilnya akan seperti gambar dibawah.

    Jika posisi objek kotak sudah berada di tengah-tengah objek lingkaran, kemudian klik menu arrange pilih Shaping dan klik Intersect, ketika mengklik Intersect keadaan objek kotak dengan lingkaran tadi tidak berubah (masih dalam keadaan aktif) karena jika objek tadi tidak aktif maka Intersect tidak akan berfungsi (tidak aktif).

    Jika sudah maka akan menghasilkan sebuah objek baru, yang terbentuk dari perpotongan objek kotak dan lingkaran tadi kemudian hapus kotak pertama yang kita buat tadi dan hasilnya akan seperti berikut.

  5. Buatlah tulisan yang akan kita tempatkan di stempel sebanyak 3 buah, saya ambil contoh teks pertama DEPARTEMEN BLOGGER untuk di tempatkan diatas, yang kedua KOTA SUKABUMI saya akan tempatkan di bawah dan yang ketiga untuk posisi ditengah-tengah akan saya masukan CREATIVOLTZ, untuk membuat tulisan sobat gunakan text tool atau tekan F8. Jangan lupa sesuaikan ukuran huruf dengan ukuran stempel yang akan kita buat.


  6. Klik teks pertama sambil tekan tombol shift kemudian klik objek lingkaran yang ke tiga, liat gambar dibawah yang saya kasih tanda merah.


  7. Setelah itu klik menu Text pilih Fit Text To Path.

    Kemudian atur posisi teks tersebut agar posisinya simetris dengan lingkaran stempel, caranya klik panah ke atas pada Distance from path atau diganti secara manual jumlah ukurannya. Distance from path berada di menu atas, fungsi ini akan otomatis muncul ketika kita menggunakan fungsi Fit Text To Path.

    Hasilnya seperti ini

    Sekarang ke teks yang nomor 2 KOTA SUKABUMI, lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya, klik teks kedua kemudian klik objek lingkaran yang ke tiga dan klik menu Text pilih Fit Text To Path.
    Atur posisi Distance from path setelah itu atur offset sehingga teks yang kedua tepat berada dibawah (offset berada di samping Distance from path), kemudian klik mirror teks (berada di sebelah offset) dan hasilnya akan seperti berikut, jangan lupa atur semua posisi teks sehingga letak posisinya benar-benar simetris.

    Untuk teks yang terahir, klik terlebih dahulu teks yang ketiga kemudian klik objek kotak sambil menekan tombol shift. kemudian kita pilih menu arrange lalu klik align and distribute dan pilih align and distribute (sobat bisa liat gambar Align and distribute diatas) setelah itu centang text box center untuk vertikal dan horizontalnya. Maka hasilnya akan seperti berikut.

  8. Langkah terahir tambahkan dua buah bintang untuk mempercantik stempel yang kita buat. Atur posisi kedua bintang tersebut.

  9. Begitu banyak contoh dan model dari stempel sobat bisa nyari model sesuai dengan selera sobat, ini hanya contoh sederhana saja dan mudah-mudahan cara yang sangat sederhana ini bisa bermanfaat. Selamat berkreasi..

    Terimakasih




“Hopefully useful”
Wenks@Creativoltz

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori CorelDraw dengan judul Cara Membuat Stempel Sederhana. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://creativoltz.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-stempel-sederhana.html. Terima kasih!