Tips Memilih Hewan Kurban

Tips Memilih Hewan Kurban

Tips Memilih Hewan Kurban

Tips Memilih Hewan Kurban - Tidak lama lagi umat islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Mungkin ada diantara sobat yang akan melaksanakan ibadah kurban. Untuk di Indonesia sendiri biasanya hewan yang dikurbankan (digunakan untuk melakukan ibadah kurban) adalah hewan sapi, kambing atau domba. Kurban atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan.
Kurban itu sendiri merupakan salah satu bentuk ibadah Alangkah lebih baiknya jika kita bersungguh-sungguh memilih hewan yang terbaik untuk berkurban.

Syarat dan ketentuan pembagian daging kurban adalah sebagai berikut :
  • Orang yang berkurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berutang.
  • Kurban harus binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau biri-biri.
  • Binatang yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus utuh.
  • Hewan kurban telah cukup umur, yaitu unta berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari 1 tahun.
  • Orang yang melakukan kurban hendaklah yang merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.
  • Daging hewan kurban dibagi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan kepada orang lain.

Ada beberapa Tips untuk Memilih Hewan Kurban yang aman :
  1. Mempunyai sertifikat sehat
  2. Usahakan hewan tersebut sudah bebas dari penyakit dan mempunyai sertifikat sehat dari dinas kesehatan.
  3. Umur hewan
  4. Untuk jenis sapi adalah dua tahun untuk domba sekitar enam bulan sampai satu tahun dan untuk kambing satu tahun dan ini merupakan salah satu syarat berkurban. Untuk melihat umur hewan kurban kita bisa menggunakan metode hanya melihat gigi hewan tersebut saja dan metode tersebut sering digunakan oleh para penjual hewan. Gigi yang dilihat adalah gigi seri, wajib sobat ketahui bahwa sapi dan domba tidak memiliki gigi seri atas, untuk penentuan umur bisa dilihat dari jumlah gigi yang sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap, sobat tidak akan susah untuk membedakannya karena gigi susu akan terlihat lebih putih sedangkan gigi tetap akan terlihat berwarna kekuningan. Pada sapi apabila satu pasang gigi seri sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap berarti umur sapi tersebut diperkirakan sekitar dua tahun. Untuk kambing dan domba apabila satu pasang gigi seri sudah berganti maka umur kambing atau domba tersebut sekitar sekitar satu tahun.
  5. Tingkah laku
  6. Kita bisa lihat tingkah laku dari hewan kurban, seandainya hewan tersebut kelihatan lesu, kurang bergairah, tidak berbaur dengan hewan lainnya juga kurang nafsu makannya sudah pasti hewan tersebut mengalami gangguan kesehatan. Maka carilah hewan yang terlihat dari nafsu makan yang baik, terlihat energik, suka berbaur dengan hewan kurban lainnya seandainya di lepas.
  7. Kondisi Mata, Hidung dan Anus
  8. Perhatikan mata hewan yang henda di beli, usahakan membeli hewan yang matanya terlihat bersih (tidak belekan). Bagian dalam kelopak mata hewan yang sehat berwarna pink, hindari membeli hewan kurban yang pada bagian dalam kelopaknya pucat atau berwarna kuning. Hidung hewan yang sehat sedikit basah tetapi tidak becek. Jika anda menemui hewan yang terlihat sperti pilek (keluar cairan dari hidungnya secara berlebihan) dan bersin-bersin kemungkinan hewan tersebut tidak dalam kondisi yang prima (tidak sehat). Apabila nada melihat darah pada lubang hidung atau mulut maka sebaiknya anda menghubungi petugas kesehatan hewan. Yang terkahir yang perlu diperhatikan adalah keadaan anus hewan. Apabila disekitar anus hewan terlihat kotor berarti ada indikasi hewan tersebut mengalami diare. Untuk memastikan hal ini anda bisa melihat kotoran hewan yang ada disekitar hewan tersebut. Jika terlihat ada kotoran yang encer berarti benar hewan tersebut mengalami diare dan sebaiknya anda menghindari hal tersebut.




Mudah-mudahan Tips Memilih Hewan Kurban ini bisa bermanfaat atau berguna

Terimakasih

Sumber : dari berbagai sumber

Creativoltz@Info
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info / Tips dengan judul Tips Memilih Hewan Kurban. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://creativoltz.blogspot.com/2012/10/tips-memilih-hewan-kurban.html. Terima kasih!