Tips Merawat Flash Disk Biar Awet

Tips Merawat Flash Disk Biar Awet

Tips Merawat Flash Disk Biar Awet

Tips Merawat Flash Disk Biar Awet - Saat ini begitu banyak media penyimpanan yang sering kita gunakan salah satunya adalah Flashdisk, selain simple, ringan, mempunyai kapasitas yang lumayan besar juga tidak ribet dibandingkan kita menggunakan disket selain sudah ketinggalan zaman dan penggunaanya juga tidak praktis dibanding Flashdisk.
Seandainya kita memang menggunakan alat yang satu ini untuk menyimpan data penting, sedikit banyak kita mesti mengetahui bagaimana cara merawatnya supaya tidak cepat rusak, mungkin tips berikut bisa bermanfaat bagi sobat silahkan disimak.

Berikut beberapa Tips Merawat Flashdisk Biar Awet, di antaranya :
  • Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat
  • Barang-barang elektronik seperti Speaker, TV dan handphone karena kurang baik untuk flash disk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flash disk dan hand phone di tempat sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau pingin flash disk kita berumur panjang, jangan lagi menyimpannya di tempat sama.
  • Virus Scan
  • Usahakan setiap melakukan pengcopian / pemindaian data lakukan scan terlebih dahulu menggunakan antivirus terbaik sesuai selera / yang sobat pakai, yang pasti antivirus harus selalu yang sering kita update database virusnya agar flash disk dan komputer kita terbebas dari penyakit yang cukup merepotkan seandainya terinfeksi.
  • Jauhkan Dari Tempat Panas
  • Usahakan simpan di tempat yang tidak terlalu panas karena sifat panas akan membuat barang terutama berbahan plastik akan memuai sehingga barang tersebut akan cepat rusak terutama flashdisk yang cukup rentan terhadap panas, sekali lagi jauhkan dari tempat yang bersuhu atau terkena panas.
  • Tutuplah selalu
  • Selalu menutup ujung socket flash disk kita karena udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flash disk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. untuk itu jangan sampai menyimpan flasdisk dalam keadaan terbuka jadi jangan sampai penutup socket flash disk kita.
  • Minimalisir proses hapus-tulis
  • Flashdisk itu sendiri memiliki kekuatan masing-masing sesuai kualitas maupun merk dari Flasdisk itu sendiri, kekuatan flash disk bisa mencapai 10.000 sampai 100.000 kali proses untuk melakukan hapus dan tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga jangan mengedit langsung dari flash disk.
  • Proses Eject atau Stop
  • Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Selain bisa menjadikan flash disk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang Anda simpan di dalamnya.
Flashdisk Tidak Mau Di-reject? Biasanya sering kita alami flashdisk kita tidak mau di reject. dan muncul pringatan [Problem Ejecting USB Mass Strorage Device] yang berisi pesan bahwa flashdisk Anda saat ini tidak bisa di reject dan Anda disuruh untuk merejectnya lain kali. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu:
  • Anda masih menjalankan file dari flashdisk. jadi Anda harus menutup file tersebut terlebih dahulu baru kemudian merejectnya.
  • Ada aplikasi yang sedang melakukan aktifitas penulisan pada flashdisk Anda. Biasanya virus, atau Malware lainnya. Cara mengatasinya adalah dengan mematikan proses tersbut terlebih dahulu baru kemudian merejectnya atau lakukan re booting atau biar tenang shutdown (matikan terlebih dahulu jika kita memang susah mereject). Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat membantu kita untuk mempermudah mereject salah satunya USB safely remove dll.
Mudah-mudahan Tips Merawat Flashdisk biar Awet bisa bermanfaat juga berguna.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Life Style / Tips dengan judul Tips Merawat Flash Disk Biar Awet. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://creativoltz.blogspot.com/2012/11/tips-merawat-flash-disk-biar-awet.html. Terima kasih!