Belajar Googling

Sekarang yang akan saya bahas saat ini mengenai beberapa teknik dalam berselancar di dunia maya, teknik ini cukup berguna khususnya bagi saya yang masih dalam tahap belajar dan mudah-mudah bisa berguna buat sobat semua.
Dalam hal mencari sebuah informasi yang kita butuhkan, kita sangat ketergantungan terhadap sebuah Search Engine (mesin pencari), karena dengan mesin pencari kita bisa menghemat waktu dan serta biaya. Sobat semua pasti sudah mengetahui beberapa Search Engine terkenal yang ada di dunia maya, salah satunya www.google.com, dengan fasilitas search engine dari google kita semua bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan. 

Search Engine sangatlah berguna bagi kita semua baik kalangan pelajar, pekerja, pemerintah, para hacker, dll. Dulu pernah baca sebuah buku yang menceritakan bahwa senjata pertama seorang hacker adalah Search Engine. Itu semua balik lagi terhadap diri kita sendiri gimana kita menggunakan nya, kita melakukan hal positif tentunya yang akan kita dapatkan juga positif begitupun sebaliknya.

Ketika kita melakukan pencarian menggunakan salah satu Search Engine, kadang kita aga sedikit kebingungan mengenai informasi yang kita dapat, karena begitu banyak informasi yang tersedia, contoh: seandainya kita menginginkan sebuah informasi mengenai “gambar” dan alhasil keyword yang kita masukan langsung memberikan kita informasi mengenai gambar akan tetapi dengan begitu banyaknya informasi yang kita dapatkan membuat kita bingung untuk memilih. Mungkin kalau kita sedang santai semua informasi yang didapat langsung di telusuri, tapi apabila waktu kita tidak memungkin kan untuk menelusuri semua informasi alhasil sia-sialah kita mencari informasi yang sesuai dengan keinginan kita.

Lihat Gambar

Berikut ini merupakan salah satu tips dalam mengoptimalisasi sebuah Search Engine :
1. Gunakan tanda petik pada (“)
Tanda petik tersebut berfungsi untuk memperkecil kesalahan yang ditampilkan oleh mesin pencari.
Contoh : “BSI Sukabumi”
Dengan menggunakan tanda petik kita akan mendapatkan sebuah informasi yang sedikit lebih akurat dibanding tanpa menggunakan tanda petik, sobat bisa mempraktekannya sendiri mengenai perbedaan tersebut, lihat gambar dibawah.
Lihat Gambar

2. Menggunakan FileType
Search Engine(mesin pencari) bukan hanya bisa memberikan informasi mengenai situs tertentu saja, akan tetapi kita bisa mencari info mengenai aplikasi, ebook,dokumen (doc, xls)dll. Salah satunya dengan menambahkan filetype sebelum keyword yang akan kita cari.
Contoh : filetype:doc belajar
Maksudnya saya akan mencari sebuah file doc mengenai belajar, hasilnya kita akan menemukan beberapa situs yang menyediakan file doc dan berhubungan dengan keyword belajar. Satu hal yang mesti kita ingat penulisan filetype tidak boleh menggunakan spasi.
Lihat Gambar

3. Menggunakan URL
Ada dua perintah dalam pencarian menggunakan URL yaitu inurl dan allurl (Perbedaan inurl dan allinurl adalah pada allinurl yang tidak dapat digabung dengan sintaks lain sebaliknya dengan inurl yang dapat digabung dengan sintaks lain), sebenarnya perbedaan tersebut tidaklah terlalu mencolok menurut saya.
Contoh : inurl:belajar.pdf
atau
Contoh : allurl:belajar.pdf

4. Intitle:
Fungsinya untuk mempermudah Google mebatasi hasil pencarian pada halaman yang terdapat pada judul atau title sebuah situs.
Contoh : intitle:creative
atau
Contoh : allintitle: creative
(Perbedaan intitle dan allintitle adalah pada allintitle yang tidak dapat digabung dengan sintaks lain sebaliknya dengan intitle yang dapat digabung dengan sintaks lain) , sebenarnya perbedaan tersebut tidaklah terlalu mencolok menurut saya.

5. Site
Fungsi ini akan membatasi pencarian hanya pada situs atau domain tertentu saja.
Contoh : site:creativoltz.blogspot.com
Kita bisa menambahkan keyword sebelum syntax untuk memudahkan pencarianpada situs atau domain tertentu.
Contoh : belajar site:creativoltz.blogspot.com
Yang akan ditampilkan pada contoh kedua yaitu, keyword hanya mengenai belajar pada blog creativoltz.blogspot.com
Lihat Gambar


6. Link
Link bertujuan untuk menampilkan daftar situs yang memiliki link pada situs tertentu saja. Atau menampilkan banyak link yang menuju pada sebuah situs.
Contoh : link:www.creativoltz.blogspot.com

7. Related
Related bertujuan untuk menampilkan daftar situs yang mungkin mirip atau serupa dengan situs yang kita cari.
Contoh : related:www.creativoltz.blogspot.com

8. Cache
Fungsinya untuk menampilkan daftar web yang telah terdaftar pada indeks Google.
Contoh : chace:www.creativoltz.blogspot.com
Selain itu fungsi ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah situs tersebut sudah tidak jalan/mati atau mungkin sudah tidak terdaftar lagi.

9. Intext
Berfungsinya untuk menampilkan hasil pencarian yang berupa kata – kata pada body situs tertentu.
Contoh : intext:belajar
Ada dua dalam fungsi ini seperti intext dan allintext, perbedaannya pada allintext yang tidak dapat digabung dengan sintaks lain sebaliknya dengan intext yang dapat digabung dengan sintaks lain, akan tetapi menurut saya perbedaannya tidak terlalu signifikan.

10. Define:
Fungsi ini hanya untuk menampilkan definisi atau pengertian dari sebuah kata maupun frase dalam situs tertentu.
Contoh : define:belajar

11. Info
Fungsinya untuk menampilkan informasi dari Google mengenai situs yang dicari.
Contoh : info:www.creativoltz.blogspot.com

Mungkin cukup sekian beberapa tips sederhana dari saya mudah-mudahan bisa bermanfaat dan sobat bisa menambahkan sendiri atau mencari info laen mengani tips googling untuk melengkapinya, ini hanya sebagian dari banyak yang ada, tips ini saya dapatkan dari berbagai sumber seperti buku dan pengalaman pribadi (ngopreks :D). Mohon maaf bila ada kesalahan dan segala kekurangan yang saya sampaikan.

Terimakasih.




“Hopefully useful”
Wenks@Creativoltz
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips / Tutorial dengan judul Belajar Googling. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://creativoltz.blogspot.com/2012/05/belajar-googling.html. Terima kasih!