Fungsi Transformations Pada CorelDraw

Fungsi Transformations Pada CorelDraw

Fungsi Transformations Pada CorelDraw

Dalam belajar CorelDraw banyak tool yang sering digunakan salah satunya Fungsi Transformations di CorelDraw, Fungsi Shaping dan masih banyak lagi. Nah saat ini saya akan bahas mengenai fungsi dari Transformation pada CorelDraw. Posisi Tranformations berada di Menu arrange --> transformations


Jika sudah di klik salah satu pilihan dari transformations, maka menu transformation akan muncul seperti ini biasanya tepat berada di sebelah kanan

Transformations itu sendiri terdiri dari Position, Rotate, Scale, Size dan Skew.
  1. Position
  2. Fungsi ini digunakan untuk memindahkan posisi objek ke posisi yang kita inginkan secara akurat. Contoh Buatlah satu buah objek
    Jika sudah, klik tombol Position pada menu trandformations. Untuk huruf H pada position merupakan untuk Horizontal dan V untuk vertical, sobat bisa isi langsung baik di kolom yang berisi nilai 0.0 pada horizontal maupun vertical. Disini saya akan coba menambahkan memasukan angka 10 pada kotak horizontal maka hasilnya akan seperti berikut :
    Jika kita mengisi nilai pada kolom V (vertical) maka hasilnya objek akan berpindah ke atas sebanyak nilai yang kita tentukan. Jangan lupa untuk mengklik tombol Apply untuk mengetahui hasilnya. Seandainya kita mengklik tombol yang satu lagi yaitu tombol Apply to Duplicate maka hasilnya objek pertama akan tetap pada posisi awal dan yang akan berpindah adalah duplikat dari objek pertama, intinya fungsi tombol Apply to Duplicate adalah untuk mengcopy objek pertama, Contoh menggunakan tombol Apply to duplicate :
    Selain kita bisa menentukan nilai untuk posisi yang akan ditentukan, kita juga bisa menggunakan fungsi Relative Position, dengan fungsi ini kita hanya mengklik salah satu kotak kosong sesuai keinginan kita (mau ke atas, kebawah, ke kiri, ke kanan, pojok kiri atas, pojok kanan atas, pojok kiri bawah maupun pojok kanan bawah) kita tinggal klik pada kotak kosong tersebut. Perbedaan fungsi ini objek atau gambar akan berpindah sesuai ukuran objek itu sendiri Contoh :
    Sobat bisa praktek untuk mencobanya sendiri agar lebih paham.
  3. Rotate
  4. Fungsi ini di gunakan untuk memutarkan objek baik itu kesebelah kiri maupun ke kanan. Fungsi ini berada tepat di sebelah kanan fungsi position
    Fungsi Angle untuk mengukur berapa derajat objek akan di putar, dan fungsi H (Horizotal), V (Vertical) dan Realtive Center sama dengan perintah yang ada di fungsi Position. Contoh jika kita memasukan nilai 60 derajat pada kolom rotasi maka hasilnya akan seperti berikut:
    Untuk kolom H,V maupun relative center silahkan sobat coba sendiri agar lebih tau reaksi yang akan terjadi dan tentunya akan lebih paham jika kita praktek langsung.
  5. Scale
  6. Fungsi ini untuk mengatur skala besar maupun kecil dari sebuah objek.
    Fungsi Untuk kolom scale H, untuk memberikan skala pada objek baik itu besar maupun kecil secara horizontal (kekiri atau kekanan), fungsi untuk kolom V kebalikan dari fungsi kolom scale H. Contoh :
    Contoh menggunakan fungsi Mirror :
    Untuk fungsi mirror satu lagi silahkan sobat coba sendiri dan jangan lupa untuk klik tombol Apply jika ingin mengetahui hasilnya.
  7. Size
  8. Fungsi ini untuk mengukur atau melihat ukuran dari sebuah objek. Dengan fungsi ini kita akan mengetahui mengenai lebar dan tinggi dari objek tersebut. Contoh gambar fungsi size
  9. Skew
  10. Fungsi ini digunakan untuk merubah sudut pada sebuah objek secara horizontal maupun vertical. Berikut conto dari fungsi skew

Bagi sobat yang ingin belajar jangan pernah menyerah untuk mencoba dan belajar terus, karena tanpa mencoba dan belajar yang tekun kita tidak akan mendapat kan hasil.

Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna juga bermanfaat.

Terimakasih

Wenks@Creativoltz
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori CorelDraw / Info / Tutorial dengan judul Fungsi Transformations Pada CorelDraw. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://creativoltz.blogspot.com/2012/09/fungsi-transformations-pada-coreldraw.html. Terima kasih!