Belajar Dasar CorelDraw

TUTOR DASAR CORELDRAW
Kali ini saya akan membahas mengenai dasar-dasar dalam pembuatan sebuah design vektor menggunakan CorelDraw, mungkin sobat semua sudah mengetahui mengenai aplikasi tersebut. Pembuatan sebuah design tidak akan terlepas dari sebuah web/blog karena akan bermanfaat dalam hal memperindah tampilan web/blog kita.
Secara singkat akan saya jelaskan apa itu CorelDraw?
CorelDraw merupakan editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel dan banyak dipakai oleh para pada designer khususnya, perusahaan percetakan dll. CorelDraw mempunyai tampilan yang ramah (User Friendly) dan mudah dipelajari, coreldraw juga mempunyai berbagai keunggulan – keunggulan lain yang sangat bermanfaat.

Sebelum dimulai kita akan bahas beberapa tools yang sering kita gunakan dalam CorelDraw :
Contoh ToolBox
  1. Pick Tool

  2. Shape Edit

  3. Croop Tool

  4. Zoom Tool

  5. FreeHand Tool

  6. Smart Fill Tool

  7. Rectangle Tool

  8. Ellipse Tool

  9. Poligon Tool

  10. Text Tool
Mungkin itu sedikit penjelasan mengenai toolbox dan sobat semua bisa mencobanya sendiri. berikut saya akan membuat sebuah contoh sederhana gambar Menggunakan CorelDraw :
  1. Langkah pertama buat beberapa lingkaran menggunakan Ellipse Tool

  2. Langkah kedua pilih 2-point line yang berada di freehand tool, kemudian klik sekali di ujung lingkaran kecil (mouse kiri jangan dilepas) lalu tarik/drag sampai ke lingkaran kecil yang satunya.

  3. Pilih Shape Tool kemudian klik shape,setelah itu klik ditengah garis lurus yang kita buat tadi kemudian pilih Convert to curve,jika sudah tarik/drag garis lurus tadi ke arah bawah sehingga terbentuk lengkungan.

  4. Sekarang pilih Poligon Tool lalu klik Complex star, jika sudah klik dan drag hingga terbentuk sebuah objek bintang (Sesuaikan dengan gambar tadi, jangan terlalu besar), setelah objek bintang dibuat klik mouse yang sebelah kanan kemudian pilih order lalu klik behind, maka kursor akan berubah menjadi tanda panah. Kemudian arahkan pada gambar yang pertama kita buat.
    kenapa mesti klik kanan pada mouse lalu pilih order dan behind?
    karena dalam CorelDraw setiap kita membuat objek baru, maka otomatis objek baru tersebut akan berada diatas objek yang lama posisinya, sehingga jika kita membuat gambar objek bintang seperti tadi maka objek sebelumnya akan tertutupi oleh objek bintang tersebut.

  5. Nah sekarang sudah keliatan kan bentuk objek yang kita buat secara keseluruhan, untuk tahap terahir silahkan sobat warnai sesuai kreasi sobat sendiri.
Cukup mudahkan membuat gambar sederhana menggunakan CorelDraw, jika sudah selesai sobat bisa langsung pajang di blog sobat.. sebagai tambahan, sobat bisa menambahkan fungsi Text tool untuk membuat kata-kata apapun terserah sobat, meskipun sederhana jika kita mengolahnya dengan baik maka hasilnya akan lebih maksimal.. berikut hasil pewarnaan yang saya buat..



Mudah-mudahan tutorial yang sangat sederhana ini bisa bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangannya.


Selamat berkreasi


terimakasih..


“Hopefully useful”
Wenks@Creativoltz
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori CorelDraw dengan judul Belajar Dasar CorelDraw. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://creativoltz.blogspot.com/2012/05/belajar-dasar-coreldraw.html. Terima kasih!