Tutorial Dasar Adobe Photoshop

Tutorial Dasar Adobe Photoshop
Tutorial Dasar Belajar Adobe Photoshop
Adobe Photoshop™ merupakan salah satu program pengolah gambar standar profesional. Tutorial dalam artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan fungsi penting yang disediakan oleh Adobe Photoshop. Dengan serius belajar dan terus berlatih kelak sobat akan menjadi seorang designer yang professional. Saya berharap sobat semua bisa lebih mudah memahami dan mempraktekkan teori yang ada. Berikut ini akan saya terangkan mengenai Tutor Dasar Adobe Photoshop dan Semoga tutor sederhanan ini bisa bermanfaat.

Pada dasarnya Adobe Photoshop sering digunakan untuk melakukam hal-hal seperti berikut :
  1. Membuat efek pada sebuah tulisan
  2. Kelebihan dari Aplikasi Adobe Photoshop bisa membuat bermacam-macam karakterisk, salah satu contoh dibawah :
  3. Membuat tekstur dan material yang beragam.
  4. Dengan langkah-langkah tertentu, seorang designer bisa membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya.
  5. Memanipulasi sebuah objek
  6. Manipulasi yang bisa dilakukan antara lain: mengubah posisi gambar, mengatur pencahayaan, komposisi warna, menyambung gambar, menambah border (frame) dan efek-efek lainnya.
  7. Mengkompres Objek
  8. Selain untuk mengedit atau memanipulasi suatu objek Adobe Photoshop juga bisa melakukan konversi file menjadi ukuran yang lebih kecil, biasa kita gunakan untuk keperluan web maupun blog kita.

Berikut beberapa Tool/Peralatan dalam Adobe Photoshop :
  1. Toolbox (Window | Tools)
  2. Untuk membuat atau mengedit gambar tentu dibutuhkan peralatan yang memadai. Toolbox dalam Photoshop berisi sekumpulan tool yang sering dipakai dan masing-masing mempunyai fungsi berbeda.
  3. Option Bar
  4. Setiap tool (alat) pada toolbox mempunyai setting yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu disediakan Option Bar (Window | Options). Berikut contoh option bar untuk Rectangular Marquee Tool.
  5. Palet
  6. Palet digunakan sebagai perangkat bantu sehingga gambar bisa diedit lebih mudah dan cepat. Palet yang ada pada Photoshop, antara lain: Navigator, Info, Color, Swatches, Styles, History, Actions, Layers, Channels, Paths, Paragraph, Tool Preset dan Character.
Referensi : Berbagai sumber dan pengalaman pribadi
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PhotoShop / Tutorial dengan judul Tutorial Dasar Adobe Photoshop. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://creativoltz.blogspot.com/2012/07/tutorial-dasar-adobe-photoshop.html. Terima kasih!