Tips Mempercantik Tulisan dengan Layer Style

Tips Mempercantik Tulisan dengan Layer Style
Tips Mempercantik Tulisan dengan Layer Style 
Kali ini saya akan share mengenai Tips Mempercantik Tulisan dengan Layer Style pada Adobe Photoshop Versi Creativoltz mudah-mudahan tips sederhana ini bisa bermanfaat, langsung aja yu.
  1. Langkah pertama tentu saja buka aplikasi Adobe Photoshop
  2. Kemudian buka lembar kerja baru, klik Menu File -> New (Ctrl+New)
  3. Maka akan muncul seperti gambar dibawah
    Sobat bisa tentuin namanya pada Name, tentukan preset untuk jenis ukuran kertas/lembar kerja, seandainya sobat ingin menentukan sendiri (Custom) ukuran kertas sobat bisa langsung merubah ukurannya sendiri sesuai keinginan sobat silahkan langsung masukan angka yang dikehendaki pada width (lebar) atau Height (tinggi), sobat bisa mengganti jenis warna seperti Bitmap, Grayscale dll pada Color mode dan sobat juga bisa menentukan jumlah bitnya, untuk background juga bisa sobat ganti sesuai keinginan sobat baik itu warna hitam maupun putih. Jika semuanya sudah langsung aja klik tombol OK.
  4. Selanjutnya pilih Horyzontal Type Tool, untuk mengetahui dimana Horyzontal Type Tool berada sobat bisa klik disini untuk melihatnya.
  5. Jika sudah diklik tool tersebut kemudian klik kembali pada area lembar kerja kita, lalu ketik huruf yang akan sobat buat, disini saya buat contoh dengan mengetik tulisan Creativoltz
  6. Jika sudah klik menu Layer --> Layer Style --> Blending Option, maka akan muncul seperti gambar yang paling atas (gambar Layer Style).
    • Drop Shadow pada menu Layer Style, fungsi ini untuk menambah efek bayangan dibelakang huruf yang kita buat tadi, sobat bisa mengganti warna bayangan serta ukuran bayangan dll sesuai keinginan sobat. Jika sudah klik tombol OK
    • Inner Shadow, fungsi ini hampir sampa dengan fungsi Drop Shadow akan tetapi hanya penempatannya saja yang berbeda, fungsi efek ini membuat bayangan di dalam huruf yang kita buat dan sobat bisa setting sendiri sesuai keinginan sobat seperti diatas, jika sudah tinggal klik tombol OK.
    • Outer Glow, berfungsi untuk memberikan efek cahaya diluar tulisan yang kita buat.
    • Inner Glow, sama fungsinya seperti Outer Glow hanya saja berada di dalam tulisan yang kita buat.
    • Bevel and Emboss, fungsi ini akan membuat tulisan yang kita buat lebih menonjol keluar, dan sobat bisa menambahkn efek tambahan dengan mengklik texture, dan sobat akan bisa liat hasilnya langsung. Untuk setingan sesuai kan dengan keinginan sobat, jika sudah klik tombol OK
    • Satin, hampir mirip dengan fungsi Inner Shadow.
    • Color Overlay, merubah warna / memberi warna lebih pada objek tulisan dan sobat bisa mengatur opacitynya sesuai keinginan sobat.
    • Gradient Overlay, memberikan efek warna yang lebih bervariasi sobat bisa memilih efek gradiennya dan setingan lainnya sesuai keinginan sobat.
    • Pattern Overlay, efek ini berfungsi menambahkan efek dengan berbagai pola yang menarik pada tulisan sobat, sobat tinggal klik pattern untuk mengganti pola design sesuai keinginan sobat.
    • Stroke, fungsi ini mirip dengan Drop Shadow.
Sobat semua bisa mengkombinasikan fungsi diatas, misalnya sobat menggabungkan fungsi Dropw Shadow dengan Bever and Emboss.
Silahkan sobat berkreasi sendiri jangan pernah takut mencoba, semoga tips dan tutorial yang sangat sederhana ini bisa bermanfaat.

Terimakasih...


Wenkz@Creativoltz
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PhotoShop / Tips / Tutorial dengan judul Tips Mempercantik Tulisan dengan Layer Style. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://creativoltz.blogspot.com/2012/08/tips-mempercantik-tulisan-dengan-layer.html. Terima kasih!