Belajar membuat Sketch atau Painting Effect

Belajar membuat Sketch / Painting Effect 
Halo sobat semua, kali ini saya akan share mengenai tips sederhana membuat sketch atau painting efek menggunakan Adobe Photoshop, ok deh kita langsung aja ya.
  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop.
  2. Setelah itu carilah sebuah objek yang akan kita gunakan.
    Belajar membuat Sketch atau Painting Effect
  3. Setelah objek / gambar dipilih maka lakukan duplikasi layer terhadap gambar tersebut, caranya klik mouse sebelah kanan pada layer kemudian pilih Duplicate Layer
  4. Jika sudah klik menu Image --> Adjustments --> Desaturate (Ganti nama file duplicate tadi menjadi Desaturate).
    Lakukan duplikasi lagi terhadap layer image Desaturate, lalu klik menu Image --> Adjustments --> Invert, jika sudah ganti namanya menjadi Desaturate & Invert

    Berikut hasil edit sementara
  5. Sekarang klik Layer Image Desaturate & Invert kemudian klik mouse sebelah kanan kemudian pilih Blending Options, jika sudah muncul ganti Blend Mode menjadi Color Dodge.


  6. Lalu klik tombol OK, hasilnya akan seperti di bawah
  7. Masih di layer Desaturate & Invert kemudian klik Menu Filter --> Blur --> Gaussian Blur, jika sudah isikan dengan radius 2.0 pixel pada menu Gaussian Blur, lalu klik tombol Ok maka hasilnya akan seperti berikut.

  8. Langkah berikutnya gabungkan layer image Desaturate & Invert dan layer image Desaturate.
  9. Caranya, klik layer image Desaturate & Invert kemudian klik menu layer kemudian pilih Merge Down (Ctrl+E). jika sudah menjadi satu objek ganti Blend Mode nya menjadi Luminosity (cara ganti Blend Mode liat langkah-langkah di atas).
    Hasilnya akan seperti berikut.
  10. Langkah terahir posisi masih di layer image yang kita gabungkan tadi, klik menu Filter --> Artistic --> Fresco. Atur setingannya sesuai keinginan sobat, disini saya atur untuk Brush Size 0, Brush Detail 10 dan Teskture 1 jika sudah klik tombol Ok
  11. Maka hasilnya akan seperti berikut
    Belajar membuat Sketch atau Painting Effect
Mungkin cukup sekian dulu tips sederhana cara membuat Sketch / Painting Effect, mudah-mudahan bisa bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangannya.

Terimakasih

Wenks@Creativoltz
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PhotoShop / Tips / Tutorial dengan judul Belajar membuat Sketch atau Painting Effect. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://creativoltz.blogspot.com/2012/08/belajar-membuat-sketch-atau-painting.html. Terima kasih!