Membuat Efek Air Menggunakan Adobe Photoshop

Membuat Efek Air Menggunakan Adobe Photoshop

Membuat Efek Air Menggunakan Adobe Photoshop

Halo sobat semua gimana kabarnya nih, sekarang saya mau berbagi tips lagi nih mengenai Adobe Photoshop kali ini saya akan membuat efek air mudah-mudahan tips ini bisa bermanfaat.

Disini saya hanya memberikan tips sederhana saja untuk pengembangan lebih lanjut kembali ke kreativitas masing-masing, karena belum tentu apa yang kita pikirkan akan sama. Ok deh berikut beberapa tahapan pembuatan efek air menggunakan adobe photoshop.

Langkah pertama
Buka terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop, kemudian buka sebuah objek yang akan kita jadikan sebuah background

Langkah kedua
Buat layer baru (Klik menu layer -> New -> layer) kemudian Klik Brush Tool (jika sobat belum mengetahuinya sobat bisa liat di Tutor Dasar Adobe atau tekan tombol B pada keyboard) lalu buat sebuah objek menggunakan brush tool berbentuk oval atau seperti bulatan percikan air.

Langkah ketiga
Klik layer objek sketsa air kemudian klik menu layer -> layer style -> blending option, setelah muncul menu Layer Style lihat Advanced Blending lalu seting Fill Opacity menjadi 3% jika sudah objek air tadi akan menghilang sejenak… :D

Langkah keempat
Ingat jangan dulu pijit tombol ok karena tahap ini belum selesai, sekarang masih pada layer style klik Drop Shadow kemudian seting Opacity 100%, Angle menjadi 90° , Distance 1px, Spread 0%, Size 1px lalu liat ke Quality tepat dibawah dan ganti style Contour pilih style Gaussian.

Langkah kelima
Masih di menu Layer Style, klik Inner Shadow tepat dibawah Drop Shadow kemudian seting kembali dengan mengganti Blend Mode menjadi Color Burn, Opacity 43%, Distance 5px, Choke 0% dan Size 10px.

Langkah ke enam
Klik Inner Glow lalu seting Blend Mode menjadi Overlay, Opacity 30%, Noise 0% dan Set Color of Glow menjadi Hitam (Black).

Langkah ke tujuh
Terakhir klik Bevel and emboss kemudian seting Style menjadi Inner Bevel, Technique menjadi Chisel Hard, Depth 250%, Direction menjadi Up, Size 15px, Soften 10px, Angle 90°, Altitude 30°, Highlight mode menjadi Screen, Setcolor for highlight warna putih, Opacity 100%, Shadow Mode menjadi Color Dodge, Set Color of Shadow menjadi warna putih dan Opacity 30%. Jika sudah kemudian klik tombol Ok.

Biar lebih sempurna kopi efek air yang telah kita buat dengan cara pilih layer efek air kemudian klik menu layer lalu pilih Duplicate Layer. Setelah di duplikat atur tata letaknya sesuai kreativitas masing-masing. Untuk contoh hasil yang saya buat sobat bisa liat gambar diatas.

Cukup sekian dulu tips yang sangat sederhana ini mohon maaf atas segala kekurangannya.

Terimakasih

Wenks@CreatiVoltz
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PhotoShop / Tips / Tutorial dengan judul Membuat Efek Air Menggunakan Adobe Photoshop. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://creativoltz.blogspot.com/2012/08/membuat-efek-air-menggunakan-adobe.html. Terima kasih!